Perubahan pada Ubuntu 11.10

Setelah pada akhir april 2011 ubuntu 11.04 release, kini pada bulan oktober 2011 akan rilis lagi ubuntu versi terbaru. Sesuai bulan rilisnya, ubuntu versi terbaru ini diberi kode ubuntu 11.10 dengan nama Oneiric Ocelot. Ubuntu versi terbaru ini dijadwalkan akan rilis versi finalnya pada tanggal 13 Oktober 2011. Namun anda dapat mencoba veris beta untuk mengetahui perubahan apa saja yang ada pada versi terbaru ini. Anda dapat mendownload ubuntu 11.10 beta langsung dari situs resmi ubuntu. Tidak banyak perubahan di ubuntu 11.10 dibandingkan dengan versi sebelumnya, perubahan yang itu seperti pada Ubuntu Software Center, pembersihan beberapa aplikasi, dan tampilan yang semakin menarik.

Sebelum versi rilis tidak ada salahnya kita mencoba versi beta. Untuk menggunakan ubuntu 11.10 ini anda dapat melakukan upgrade dari ubuntu versi sebelumnya. Dengan menekan tombol Alt+F2 dan menuliskan 'update-manager -d' pada kolom perintah (tanpa tanda petik) akan muncul opsi untuk upgrade, jika akan melakukan upgrade, maka tekan "Upgrade" di samping kanan tulisan "New distribution release '11.10' is available".


Beberapa perubahan pada ubuntu 11.10

The Dash

The Dash dikenalkan mulai Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. The Dash, adalah sebuah launcher yang memudahkan untuk memanggil aplikasi, juga berlaku sebagai kolom perintah pencarian, bahkan perintah terminal bisa dilakukan di the Dash. Pada Versi Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot, di berikan satu tombol ikon tersendiri, memiliki window kontrol tersendiri, sehingga bisa di maximize atau minimize sendiri, serta memiliki tampilan transparan.


Ubuntu Software Center - Synaptic dihilangkan

Perubahan fantastis ada pada Ubuntu Software Center pada versi ini. Dengan ini tentunya akan memudahkan cara menginstal aplikasi baru.

Switcher Aplikasi Alt+Tab

Alt+Tab switcher yang lama, agak besar, di Ubuntu Oneiric Ocelot ini ditampilkan agak berbeda.

Login Screen

Menggunakan Light DM, bukan lagi GDM, kelihatan lebih menarik. TIdak ada lagi pilihan menggunakan pilihan Unity 2D atau Unity 3D, atau memilih menu klasik. Namun bagaimanapun jika ingin menggunakan GNOME 3 dapat di instal melalui Software Center.


0 comments:

Posting Komentar

Share

Facebook Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More