Pertamina Sebagai Sumber Energi Bangsa

Sekarang ini energi menjadi salah satu isu penting di dunia, energi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena energi adalah sebuah kebutuhan pokok. Oleh karena itu semua negara berlomba – lomba untuk mencari cadangan energi baru guna memenuhi kebutuhan energi mereka di masa depan. Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang harus memikirkan ketahanan energinya di masa mendatang dengan mencari sumber energi baru yang lebih ramah lingkungan sehingga stabilitas nasional tetap terjaga dan perekonomian akan terus tumbuh. Sebagai perusahaan plat merah, PT. Pertamina harus terus mendukung upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas energi nasional dengan mencari dan mengolah sumber – sumber energi baru yang ada di indonesia baik itu minyak bumi, gas alam, maupun panas bumi. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, namun jika tidak dikelola dengan baik dan benar maka sumber daya alam itu tidak akan memberikan manfaat bagi bangsa indonesia, oleh karena itu PT. Pertamina harus berkomitmen untuk mengelola semua sumber energi di indonesia sehingga akan memberikan manfaat bagi bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia. Saat ini Pertamina masih melakukan impor baik itu minyak mentah maupun BBM, oleh karena itu Pertamina harus melakukan ekspansi keluar untuk mendapatkan cadangan minyak baru dan juga membangun kilang baru untuk mengolah minyak mentah yang diperoleh karena kapasitas kilang Pertamina saat ini masih belum mampu mencukupi kebutuhan BBM di indonesia. Investasi yang dibutuhkan memang cukup besar. Kilang – kilang yang sudah berumur harus direvitalisasi karena kondisi kilang tua yang ada sekarang sangat tidak efisien sehingga biaya operasional yang harus dikeluarkan sangat tinggi.
Selain minyak bumi indonesia juga mempunyai sumber energi lain yang jumlahnya cukup banyak yaitu gas alam dan juga panas bumi. Gas alam akan menjadi sumber energi utama di masa mendatang karena jumlah cadangannya yang cukup banyak di dunia dan juga semakin berkurangnya cadangan minyak bumi yang ditemukan. Oleh karena itu PT. Pertamina harus mampu memenuhi target pemerintah dalam hal konversi energi dari minyak tanah ke gas alam. Meskipun saat ini hal itu sudah terealisasi, tetapi masih banyak permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan kebijakan tersebut, mulai dari kurangnya ketersediaan gas 3 Kg di pasaran, sampai pada distribusi yang masih belum optimal. Oleh karena itu harus dilakukan evaluasi sehingga semua permasalahan tersebut dapat diatasi. Jumlah SPBE harus ditambah sehingga distribusi elpiji jadi lebih merata dan juga mengoptimalkan seluruh sarana transportasi yang ada untuk melakukan pendistribusian sehingga diharapkan tidak ada kelangkaan elpiji di pasaran. Panas bumi juga dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, sehingga dengan adanya pembangkit listrik tenaga panas bumi ini PT. PLN mendapat tambahan pasokan listrik untuk mencukupi kebutuhan listrik di indonesia yang saat ini masih mengalami krisis listrik. Diharapkan beberapa tahun ke depan seluruh daerah di indonesia dapat menikmati layanan listrik yang berkualitas, sehingga tidak ada lagi pemadaman bergilir dan krisis listrik di indonesia segera teratasi.
Selain mencukupi kebutuhan energi dalam negeri, sebagai sebuah korporasi, PT. Pertamina juga harus berorientasi pada profit. Oleh karena itu PT. Pertamina harus melakukan ekspansi bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan menjadi perusahaan yang lebih profitable sehingga dengan meningkatnya pendapatan yang diperoleh maka pemasukan negara juga akan bertambah. Perusahaan juga harus menerapkan sistem tata kelola perusahaan yang baik dengan mengaplikasikan tata nilai yang telah ditetapkan sehingga dengan sistem organisasi yang bagus maka bisnis yang dijalankan juga akan berjalan dengan baik.
Oleh karena itu transformasi Pertamina harus terus di tanamkan dalam diri para pekerja sehingga Pertamina mampu menjadi perusahaan energi kelas dunia yang mampu bersaing dengan perusahaan – perusahaan besar lainnya dan mampu memberikan energi positif dalam membangun bangsa dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Facebook Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More